Minggu, 03 November 2013

Rahasia sukses

Rahasia sukses itu ada yang bersifat general, artinya umum diperlukan apa pun bidang yang Anda geluti. Baik pebisnis maupun karyawan memiliki rahasia sukses yang sama, misalnya harus memiliki motivasi tinggi. Untuk sukses bisnis harus semangat, begitu juga untuk sukses dalam karir pun butuh semangat.

Rahasia sukses general ini bisa Anda dapatkan dari semua orang yang sukses. Ini yang saya maksud tadi, bahwa Anda bisa memetik hikmah dari siapa pun yang termasuk orang-orang sukses pada bidang yang berbeda. Jika Anda perhatikan secara seksama, diantara orang-orang sukses akan memiliki ciri-ciri yang sama, terlepas apa pun bidang itu. Inilah yang disebut ciri-ciri orang sukses. Ciri-ciri sukses biasanya melipui pola pikir dan mental.

Langkah pertama cara menjadi orang sukses ialah Anda harus memiliki kemauan untuk mengambil hikmah dari kisah orang sukses. Siapa orang sukses itu? Jika Anda merujuk ke definisi sukses, maka Anda akan menemukan banyak orang sukses di sekitar Anda. Anda tidak bisa mengukur sukses dari kaya atau terkenal, cukup pada sebuah pencapaian spesifik. Mungkin, ada tetangga Anda yang miskin, lebih miskin dibandingkan Anda, tetapi dia memiliki anak-anak yang shalih dan shalihah, maka dia adalah orang sukses dalam hal mendidik anak. Anda bisa belajar bagaimana membesarkan dan mendidik anak kepadanya.

Tentu saja, Anda tetap bisa belajar dari kisah orang sukses yang terkenal, baik artis, pebisnis, olah ragawan, politikus, dan sebagainya. Anda akan selalu memetik hikmah dari mereka jika Anda mau membaca kisah orang sukses baik melalui buku atau pun artikel. Termasuk, Anda bisa memetik hikmah meski dari orang yang bidangnya berbeda dengan Anda. Jadi selain Anda mengambil hikmah dari orang sukses yang satu bidang, jangan lupa untuk belajar kepada mereka yang tidak sebidang juga.

Apa target atau tujuan yang Anda capai? Siapa yang pernah mencapainya dengan baik? Maka dialah orang sukses yang bisa Anda ambil hikmahnya. Anda bisa mempelajari kisah orang sukses tersebut untuk diambil hikmah dan diaplikasikan dalam kehidupan Anda. Lihatlah, mungkin bawahan Anda adalah orang sukses pada bidang tertentu, mungkin juga rekan kerja Anda, mungkin juga atasan Anda. Bisa jadi pesaing bisnis Anda, bisa jadi keluarga Anda. Orang sukses itu banyak, ambilah hikmah dari kisah mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar